Penjualan Toyota Global Jeblok 5.6% Meski di Indonesia dan Jepang Naik!

CVT Indonesia – Toyota Global baru saja memberikan pengumuman penjualan untuk Januari 2023 lalu, dan ternyata penjualan mereka mengalami penurunan sebanyak 5.6% dari periode yang sama tahun lalu. Beberapa sumber mengatakan, kelangkaan chip semikonduktor masih menjadi kendala utama mereka.

Mengutip salah satu media Jepang bernama Kyodo, penjualan Toyota di Januari 2023 lalu secara global turun ke angka 709,780 Unit. Itu semua dampak dari penurunan penjualan global sebanyak 9,7% menjadi 579.652 unit, sementara penjualan domestik naik 18,0% menjadi 130.218 unit. Untuk Indonesia sendiri sejatinya meningkat dari periode yang sama tahun lalu sebesar 11.5% menjadi 25,555 Unit.

Meski Angka Penjualan Jepang dan Indonesia Naik, Angka Penjualan Toyota Global Tetap Turun

Toyota mengakui adanya kesulitan dalam pengadaan semikonduktor untuk kendaraan mereka, ditambah dengan adanya libur panjang di Negara China yang merayakan Imlek, dimana jam kerja menjadi lebih cepat tutup, itu juga cukup sangat berdampak terhadap total penjualan mereka.

Toyota menyadari pihaknya masih akan menghadapi masalah dalam supply semikonduktor, namun mereka tetap optimis untuk menargetkan penjualan lebih baik lagi bahkan siap mencetak rekor di tahun ini. Untuk bulan Februari 2023, Toyota berharap bisa memproduksi sekitar 750.000 unit. Sementara di bulan Maret mereka menargetkan 900.000 unit, rekor bulanan tertinggi Toyota jika benar-benar bisa tercapai.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *