CVT Indonesia – TOYOTA GAZOO Racing Indonesia (TGRI) dengan penuh kebanggaan telah memberikan hadiah dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-78.
Keberhasilan ini dicapai melalui pencapaian gemilang di tingkat regional yang lebih tinggi dalam kompetisi touring car kelas GT4 di wilayah Asia dan Jepang. Selain itu, prestasi yang mengesankan juga diraih melalui perolehan podium juara pada gelaran Asia Cross Country Rally (AXCR) 2023.
Datang sebagai rookie, namun mobil sport Toyota GR Supra GT4 berhasil memberikan penampilan yang luar biasa dengan membawa tim pembalap TGRI yang terdiri dari Haridarma Manoppo, dan Nonaka Seita dari Jepang, berhasil mengukir prestasi gemilang yang membanggakan.
Prestasi ini diraih dengan meraih podium pertama pada Kelas GT4 Fanatec GT World Challenge Asia 2023 Seri ke-9, dan juga meraih podium ketiga pada Seri ke-10 yang diselenggarakan di Sirkuit Okayama, Jepang, pada hari Sabtu tanggal 19 Agustus.
Prestasi yang membanggakan berikutnya berhasil diraih oleh pembalap Jepang Takuma Aoki, menempatkan merah putih pada podium pertama Asia Cross Country Rally (AXCR) 2023.
“Dua prestasi luar biasa ini, menambah semangat TGRI untuk mencatatkan prestasi tinggi lainnya di ajang balap regional,” kata Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto.
Persaingan di kelas GT4 sudah menggunakan mobil sport Toyota GR Supra GT4 yang sudah disesuaikan dengan regulasi pada Kelas GT4. GT4 diadakan di 3 regional, yaitu Asia khususnya di Jepang, Eropa, dan Amerika Serikat.
Haridarma Manoppo, pembalap TGRI, Berkata “Kami belum berencana untuk berlaga penuh tahun ini dan hanya ikut serta di 3 negara atau 6 seri balapan, yakni Thailand, Jepang, dan Malaysia sebagai race penutup musim ini. TGRI menargetkan untuk beradaptasi semaksimal mungkin pada kondisi aktual race GT4 yang tidak kenal kompromi, mendapatkan sebanyak mungkin data race car kami di sirkuit, dan melakukan serangkaian adjustment untuk memperoleh catatan waktu yang semakin baik pada setiap seri balapan.”
Pada perlombaan yang ke-3 ini, pasangan pembalap TGRI berhasil mencatatkan waktu tercepat ketiga, yakni 1:46.954, pada sesi latihan resmi pertama. Waktu tersebut kemudian ditingkatkan menjadi waktu tercepat pertama, yaitu 1:37.524 pada official practice kedua.
Race pertama yang dilakukan pada hari Sabtu (19/8) berlangsung dalam suasana persaingan yang sangat ketat. Apalagi 6 tim balap lainnya memiliki tingkat daya saing yang tinggi karena sudah berlaga di 6 seri Fanatec GT World Challenge Asia 2023 sebelumnya.
Hasilnya, kombinasi Haridarma dan Nonaka berhasil meraih posisi juara pertama dengan pencapaian waktu 1:00:24.870, setelah menyelesaikan lomba sebanyak 35 putaran, keunggulan yang mencapai 27.946 detik dari juara ke-2 yang juga menggunakan GR Supra GT4.
Persaingan seri ke-10 di hari Minggu (20/8) menjadi tantangan yang berat bagi pasangan pembalap TGRI. Dengan semangat continuous improvement, engineer Haridarma dan Nonaka melakukan penyesuaian terhadap performance dan handling race car yang akan digunakan.
Hal ini memungkinkan mereka untuk mempertahankan posisi terdepan dan meraih posisi juara kedua, dengan mencatat waktu 1:01:58.684 selama perlombaan sejauh 36 putaran.
Tiap pembalap meraih poin sejumlah 43 dari kedua seri lomba. Prestasi ini mengantarkan Haridarma Manoppo dan Nonaka Seita berada di posisi ke-3 Klasemen Pembalap Kelas GT4 dan TGRI di posisi ke-3 Kelas GT4 Klasemen Tim Fanatec GT World Challenge Asia 2023.
Dengan keterlibatan pembalap asal Jepang, Takuma Aoki , Toyota Fortuner GR Sport Diesel telah berpartisipasi di ajang Asia Cross Country Rally (AXCR). Pembalap dari Jepang Takuma Aoki dan Ikuo Hanawa, kembali berlaga di kelas paling bergengsi T1D (modifikasi) pada ajang AXCR tahun ini.
Sementara dari Indonesia, pereli bernama TB Adhi telah dipersiapkan untuk menjadi pembalap yang mewakili TGRI pertama di ajang AXCR untuk berlaga di kelas T2A-D (standard non homologasi).
Namun saat scrutineering awal, pihak penyelenggara lomba menemukan ada hal yang tidak sesuai dengan spesifikasi kelas T2A-D, membuat Adhi harus berkompetisi di kelas T1-D yang memiliki spesifikasi lebih tinggi.
Meskipun harus berhadapan dengan lawan yang lebih unggul secara teknis, Adhi tetap berlomba dengan penuh semangat antara negara Thailand dan Laos sejauh 2.000 km yang ditempuh selama 6 hari (14–19 Agustus 2023).
Bermodalkan DNA motorsport Toyota yang sudah berpengalaman seperti Dakar Rally, Fortuner GR Sport Diesel, sehingga Adhi mampu bertarung untuk menempati podium kedua Asia Cross Country Rally 2023. Namun sayang, mobil pembalap Ikuo Hanawa tidak dapat melanjutkan kompetisi setelah hari ke-4 karena kerusakan berat pada mesin.
“Toyota tidak hanya mengejar prestasi di kancah motorsport domestik, namun juga mempersiapkan pembalap TGRI supaya dapat berkompetisi di ajang balap regional yang lebih menantang. Alhasil, skill pembalap TGRI akan semakin berkembang di samping tentunya melatih kru TGRI supaya dapat meningkatkan performa race car dengan target melampaui kinerja terbaiknya. Sejalan semangat kaizen dan visi menghadirkan ever-better cars, Toyota menggunakan data dan pengalaman penting dari sirkuit balap dunia dalam pengembangan model-model baru sesuai perkembangan trend, teknologi, dan lifestyle, serta menghadirkan excitement dan joy of GR kepada para motorsport enthusiast,” jelas Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.
Leave a Reply