Penjualan Kendaraan Hybrid Suzuki Meningkat

CVT Indonesia – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) berhasil mencatat peningkatan yang signifikan dalam penjualan kendaraan hybrid di pasar Indonesia.

Sejak pengenalan pertama mobil hybrid Suzuki pada pertengahan tahun 2022, Suzuki telah melacak perkembangan minat konsumen yang konsisten hingga November 2023.

Suzuki berhasil mencatat pertumbuhan penjualan mobil hybrid sebesar 21% jika dibandingkan dengan angka penjualan pada bulan sebelumnya.

Suzuki Grand Vitara

Peningkatan tersebut berasal dari total akumulasi penjualan 3 jenis kendaraan hybrid Suzuki, yakni All New Ertiga Hybrid, Grand Vitara, dan New XL7 Hybrid, yang mendominasi sebanyak 49% dari keseluruhan penjualan kendaraan penumpang pada bulan November 2023.

Menurut Randy R. Murdoko, Asst. to Dept. Head of 4W Sales PT SIS, peningkatan penjualan kendaraan hybrid ini disokong oleh kepercayaan masyarakat terhadap keunggulan dan kinerja kendaraan ramah lingkungan yang ditawarkan oleh Suzuki.

“Pada November ini, kami menerima catatan penjualan yang positif, khususnya dari segmen kendaraan passenger yang telah disematkan teknologi hybrid. Untuk penjualan hybrid mengalami peningkatan hingga 21% pada November 2023 jika dibandingkan dengan Oktober 2023.” Jelas Randy.

Apabila melakukan pemetaan terhadap distribusi penjualan kendaraan hybrid Suzuki di Indonesia, dapat diperhatikan bahwa pasar penjualan kendaraan hybrid Suzuki masih mendominasi di Pulau Jawa.

Wilayah Jabodetabek sendiri memperlihatkan kontribusi tertinggi, yakni mencapai 48%, dalam penjualan kendaraan hybrid ini, diikuti oleh wilayah Jawa Timur dengan kontribusi sebesar 15%. Disusul oleh Jawa Tengah yang menyumbangkan sebesar 7% serta Jawa Barat dengan 6%.

Suzuki Ertiga Hybrid

Di sisi provinsi-provinsi di luar Pulau Jawa, tren pengadopsian kendaraan ramah lingkungan juga mulai muncul, terutama dari Provinsi Bali dan Kalimantan Timur.

Situasi penjualan Suzuki pada bulan November 2023 menunjukkan proporsi penjualan yang seimbang antara kendaraan penumpang sebesar 50,1% dan kendaraan komersial sebesar 49,9%.

“Melalui peningkatan penjualan pada November lalu, tentunya kami juga akan terus berusaha mewujudkan lingkungan yang lebih baik dan kendaraan rendah emisi di masa mendatang dengan menjangkau daerah yang lebih luas lagi agar perlahan-lahan dapat beralih pada kendaraan hybrid dan juga menerapkan gaya berkendara Eco-Driving,” tutup Randy.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *