Innova Zenix

Zenix Hybrid Berjaya Di Jateng, Nasmico Optimis Toyota Kuasai Pasar 31,5 Persen

CVT Indonesia – Toyota Jawa Tengah yang dipayungi oleh Nasmoco Group optimis dengan rasio penjualan yang berjalan saat ini di Jawa Tengah, mereka dapat mempertahankan posisi sebagai market leader dengan angka 31,5 persen pada 2024.

“Kami percaya Toyota masih bisa mempertahankan market leader di angka minimal 31,5 persen,” ungkap Marketing Division Head Nasmoco Group Hery bertus Budi saat kami temui di sela acara Toyota Journalist Test Drive di Semarang (27/8).

Bukan tanpa alasan, lini mobil Toyota Hybrid juga terus tumbuh di Jawa Tengah, berdasarkan data yang kami terima, sepanjang Januari-Juli, total penjualan Hybrid berkontribusi 6,4 persen dari total penjualan 1.019 unit.

Angka ini tumbuh dari periode sama di tahun sebelumnya yang hanya 4,5 persen. Hal serupa juga terjadi pada kendaraan listrik berbasis baterai, yang naik dari 0,5 persen menjadi 1,2 persen.

Hery menambahkan bahwa pada tahun 2023, Toyota Jawa Tengah dan Yogyakarta juga menguasai pasar otomotif daerah masing-masing dengan market share sebesar 31,2 persen.

BACA JUGA: Toyota Prius HEV, Konsumsi BBMnya Bikin Geleng Kepala

Menariknya, ternyata Innova Zenix masih menjadi primadona disana, terbukti dengan kontribusinya sebesar 52 persen dari total penjualan, yakni sebesar 2.366 unit, disusul oleh Yaris Cross sebesar 12 persen, serta Alphard dan model lainnya sebesar 34 persen.

Untuk Innova Zenix sendiri, tahun ini di Jawa Tengah sudah terjual sebanyak 1.299 unit atau berkontribusi sebesar 9,5 persen dari pasar nasional.

“Kalau kita lihat area mana paling banyak menyerap hybrid adalah Semarang dengan 14,2 persen, Surakarta 13,9 persen, Yogyakarta sendiri 10,2 persen. Area lain di Jawa Tengah di Magelang dan Salatiga 10,4 persen, Karesidenan Banyumas 9,7 persen, disusul Demak dan Pati 5,6 persen. Tegal dan Pekalongan 4,5 persen,” tambah Heru.

Sebagai informasi, diler utama Toyota di wilayah Jawa Tengah terus mengembangkan fasilitas pengisian daya kendaraan listrik. Kini ada tujuh SPKLU yang telah terbangun, yaitu di Nasmoco Siliwangi, Tegal, Pemuda, Slamet Riyadi, Kaligawe, Bantul, dan Majapahit.

BACA SELANJUTNYA: VinFast Membuat Harga Mobil Listrik Lebih Terjangkau Dengan Sistem Berlangganan Baterai

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *