Toyota Fortuner (11)

Akankah Toyota Fortuner Mendapatkan Varian Mesin Hybrid?

CVT Indonesia – PT Toyota Astra Motor (TAM) baru saja meluncurkan Fortuner terbaru pada Jumat (6/9), SUV Ladder Frame dari Toyota ini mendapatkan penyegaran pada sisi Eksterior, Interior, serta beberapa fitur baru.

Ternyata Fortuner baru ini masih menggunakan mesin yang lama, yakni mesin turbo diesel berkode 1GD berkapasitas 2.800 cc serta mesin bensin berkode 1TR berkapasitas 2.700 cc. Padahal di Afrika Selatan, Toyota Fortuner sudah memiliki varian mesin Mild Hybrid.

Marketing Director PT TAM, Anton Jimmy Suwandi memaparkan mengapa pihaknya belum membawa varian hybrid ke Indonesia.

Perkenalan dari hybrid untuk mobil Fortuner di seluruh dunia kan masih ada dua jalur, satu jalur seperti Afrika Selatan mild hybrid, tapi perlu dicatat bahwa ini mild hybrid bukan full hybrid. Asia Thailand kita masih mempertahankan yang ini,” ucap Anton saat ditemui tim CVT Indonesia.

Namun Anton lebih lanjut menjelaskan bahwa Toyota tidak menutup kemungkinan bakal menghadirkan Fortuner Hybrid di Indonesia. Hanya saja pihaknya masih melakukan studi untuk menentukan teknologi yang tepat untuk menurunkan emisi di Indonesia.

“Ke depannya kita mempelajari untuk mengurangi karbon dan menurunkan emisi. Contohnya satu teknologi yang menguntungkan itu flexy fuel dibanding mild hybrid. Karena mild hybrid penurunan emisi tidak terlalu banyak,” lanjut Anton.

BACA JUGA: Galeri Foto: Toyota Fortuner GR Sport 4×4 Dan Fortuner VRZ 2.8

Hal senada disampaikan oleh Presiden Direktur Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Nandi Julyanto menyebut bukan hal mustahil Fortuner dibekali teknologi hybrid.

“Kalau model yang sekarang agak sulit kecuali Mild Hybrid.” ujar Nandi.

Nandi mengatakan Fortuner lebih sulit dikembangkan sebagai Hybrid seperti Zenix yang rangkanya memang didesain bisa menggendong baterai di kolong mobil.

“Development (Fortuner) harus ada perubahan. Kan kalau kita ubah dari Innova Reborn ke Xenix, floor (lantai mobil) berubah, kalo inikan (Fortuner) floor-nya enggak bisa berubah,” Lanjutnya.

Sebagai informasi, Toyota fortuner terbaru saat ini tersedia dalam pilihan 3 mesin, yakni mesin 2GD 2.400 cc turbodiesel dengan tenaga 150 Hp dengan torsi 400 Nm. Namun untuk pilihan mesin ini hanya dapat dibeli dengan sistem spot order.

Kemudian ada pilihan mesin bensin berkode 2TR 2.700 cc dengan tenaga 163 Hp dengan torsi 242 Nm, kemudian mesin berkode 1GD dengan kapasitas 2.800 cc Turbodiesel dengan tenaga 204 Hp dan torsi 500 Nm.

BACA SELANJUTNYA: Setelah Zenix, Kini Paus Fransiskus Pilih Naik Toyota Raize

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *