CVT Indonesia – Mazda MX-30, mobil listrik pertama dari Mazda akhirnya resmi meluncur di Indonesia. Perlu diketahui mobil ini sempat mejeng di booth Mazda pada GIIAS 2023 silam dan baru sekarang mobil ini resmi diluncurkan.
Peluncuran Mazda MX-30 diumumkan oleh Ricky Thio, Chief Operating Officer PT EMI, dalam konferensi pers pada tanggal 11 November 2024, di Mazda Indonesia Headquarters, Jakarta Selatan.
“Kami merancang Mazda MX-30 bukan hanya sebagai mobil listrik, tetapi juga sebagai mitra dalam berkendara sehari-hari.” papar Ricky.
Ditengah gempuran mobil listrik China yang menawarkan harga menggiurkan, Mazda tetap bertahan dengan idealisme filosofi Jinba-Ittai yang memprioritaskan kesatuan antara pengemudi dan kendaraannya, serta KODO Design yang minimalis dan elegan pada MX-30.
Mazda MX-30 resmi dipasarkan di Indonesia dengan harga Rp860 juta OTR Jakarta. Harga tersebut sudah termasuk bundle dengan wall charger dan portable charger (tidak termasuk biaya pasang).
“Setiap detail Mazda MX-30 dibuat secara cermat agar perjalanan terasa lebih personal. Sebuah kendaraan yang semakin digunakan, semakin terasa keunikan dan kenyamanannya, seolah menjadi bagian dari diri pengemudi,” ujar Ricky.
Salah satu heritage yang Mazda bawa di MX-30 ini adalah suicide doors atau yang Mazda sebut dengan freestyle door yang dibawa dari Mazda Rx-8, sports car legendaris Mazda.
BACA JUGA: Anime Ini Berikan Foreshadow Model Sports Car Baru Toyota, Akankah Jadi Kenyataan?
Interior Mazda MX-30 merupakan harmoni dari keberlanjutan dan tradisi. Wujud dedikasi Mazda pada keberlanjutan ditunjukkan dengan penggunaan material berbahan cork – yang secara langsung dapat membantu pengurungan zat emisi karbon dalam proses pemanenan material mentahnya.
Mazda juga menunjukkan komitmen keberlanjutan melalui pemakaian Breathing Fabric, kain yang terbuat dari daur ulang botol plastik (recycled plastic bottle) yang telah didesain khusus untuk dipasang di bagian atas trim pintu Mazda MX-30.
Selain itu, Mazda MX-30 juga menggunakan 20% benang daur ulang (recycled threads) pada bagian kursi mobil, ini merupakan rasio yang terbilang tinggi untuk penggunaan di pasar otomotif saat ini.
Berbicara performa, Mazda MX-30 dibekali e-Skyactiv single motor yang menghasilkan tenaga 145 ps dengan torsi 271 Nm. Didukung dengan baterai 35,5 kWh dan memiliki daya tempuh 200 km (WLTP).
Mazda MX-30 dilengkapi i-Activsense mulai dari : Smart Brake Support (SBS), Adaptive LED Headlights (ALH), High Beam Control (HBC), 360° View Monitor, Front Cross Traffic Alert (FCTA), Blind Sport Monitoring (BSM).
Kemudian ada Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Lane Departure Warning System (LDWS), Lane-keep Assist System (LAS), Traffic Jam Assit, Driver Attention Alert (DAA), Driver Monitoring, Mazda Radar Cruise Control (MRCC), dan masih banyak lagi.
Fitur Electronic G-Vectoring Control Plus (e-GVC Plus) pada Mazda MX-30 memastikan stabilitas kendaraan dengan menyesuaikan torsi untuk memudahkan saat berbelok. Selain itu, Paddle pada setir memberikan kontrol halus dan responsif, sehingga akselerasi dan deselerasi terasa lebih.
BACA SELANJUTNYA: Hyundai Gak Main-Main Soal Kualitas, Spill Cara Jaga Build Quality Mobil-Mobilnya
Leave a Reply