Review: Yaris Cross Hybrid S with GR Parts! Begini Impresinya!

CVT Indonesia – Beberapa waktu yang lalu tepatnya 19 Juni 2023, kami diberikan kesempatan oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) untuk merasakan sebuah compact SUV andalan terbaru mereka yaitu The All New Yaris Cross S with GR Parts Hybrid. Bersaing dikelas yang diisi oleh banyak pemain seperti, Honda HR-V, Hyundai Creta & Suzuki Grand Vitara. Toyota Yaris Cross punya segudang hal yang ditawarkan!

Yaris Cross Indonesia Punya Tampang Berbeda Dari Versi Eropa

Yaris Cross di Indonesia tampil dengan wajah berbeda jika dibandingkan dengan varian yang dijual di Eropa. Diluncurkan dengan status World Premiere di Indonesia pada tanggal 15 Mei 2023 lalu, Yaris Cross menggunakan tampilan yang lebih tajam dengan bahasa design terbaru yang juga akan lebih mudah diterima oleh masyarakat Indonesia.

Lampu – lampu dari Yaris Cross varian S, sudah dibekali LED pada bagian depan dengan teknologi Dual Projector pada bagian lampu utama, begitu pula pada bagian lampu kabutnya. Pada bagian belakang pun baik lampu kota, lampu rem, lampu sein dan lampu mundur juga telah disematkan teknologi LED yang menambah kesan premium dari Yaris Cross.

Interior Toyota Yaris Cross juga menyajikan segudang fitur menarik! Selain desain yang menarik dengan imbuhan kulit pada bagian setir beraksen GR, begitu pula pada joknya itu menambah kesan premium pada mobil ini. Fitur – fitur seperti Auto Headlamp dengan Auto High Beam, Auto Power Window, Electric Parking Brake, Auto Hold, Wireless Charging juga mewarnai kecanggihan Yaris Cross Hybrid. Layar hiburan yang juga dilengkapi fitur Apple Carplay & Android Auto, Kamera 360 Derajat dan juga Speedometer dengan 4 layout berbeda ditambah kamera DVR juga menambah daftar fitur di Interior.

Mesin 2NR-VEX jadi dapur pacu Yaris Cross Hybrid

Yaris Cross sendiri menawarkan 2 pilihan mesin, Bensin biasa dan opsi Hibrida. Untuk varian bensin dibekali mesin 1,500 cc berkode 2NR-VE yang mana berbagi basis dengan Avanza, Veloz & Xenia, dimana mesin bensin ini memiliki tenaga 106 PS & 137 NM. Disatu sisi varian Hybrid dibekali 2 mesin, mesin bensinnya menggunakan mesin 1.5L Atkinson cycle dengan tenaga 91 PS & 121 NM dan Motor Listriknya bertenaga 81 PS & 141 NM. Khusus varian Hybrid diimbuhi baterai Lithium-Ion berkapasitas 0.7 Kwh.

Impresi berkendara Yaris Cross Hybrid sangat menarik, dimana platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture) yang menjadi basis mobil ini berhasil ditingkatkan dibandingkan kendaraan Toyota lainnya yang menggunakan platform yang sama. Bantingan suspensinya memang bukan yang ternyaman dikelasnya, namun cukup baik dalam meredam speed bumps dengan baik.

Dengan set suspensi yang baik dan dimensi yang cukup Compact membuat mobil ini masih memiliki handling yang lebih baik dibanding rival – rivalnya. Dan yang membuat kami terkesan adalah kekedapan kabin yang sangat baik, karena saat pengetesan kami, kebetulan sedang hujan lebat namun suara hujan tidak mengganggu kesenyapan kabinnya.

Akselerasi Yaris Cross mampu dicatatkan dalam waktu 11.43 detik untuk pengetesan 0-100 Km/jam. Angka tersebut memang bukan yang impresif, mengingat ada Hyundai Creta dan Nissan Kicks yang punya figur lebih baik.

Namun yang paling impresif adalah kemampuan Toyota sebagai yang terdepan dalam teknologi hibrida berhasil membuat pergantian antara Motor Listrik dengan Mesin Bensin terasa sangat halus dan membuat penyaluran tenaga sangat halus. Dengan EV Mode yang dapat berjalan hingga 50 Km/Jam membuat Yaris Cross sangat nikmat melihat kemacetan dikota besar, ditambah lagi dengan Adaptive Cruise Control yang sudah diimbuhi Stop & Go Function jelas Yaris Cross siap menjadi andalan dikelasnya!. Simak review lengkapnya di YouTube Channel CVT Indonesia ya.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *