CVT Indonesia — Setelah debutnya pada seri yang ke-3, All New Agya GR Sport telah kembail bertanding di ajang MLDSPOT Autokhana Kejurnas Slalom 2023 Seri yang ke-4 akan dilaksanakan di Sirkuit pasir Hayam, Cianjur, Jawa Barat, Sabtu (5/8). Dengan semangat Continuous Improvement, Sporty Hatcback ini mulai menemukan performa yang mampu untuk bersaing dengan kompetitornya sehingga berhasil memasuki babak final hingga tembus 3 besar.
“Selamat atas seluruh podium juara yang diraih oleh pembalap TOYOTA GAZOO Racing Indonesia (TGRI) bersama Agya GR Sport Gen-1 maupun All New Agya GR Sport di Seri ke-4 MLDSPOT Autokhana Kejurnas Slalom 2023. DNA Motorsport TGR memastikan peslalom TGRI dapat tampil flat-out dan kembali meraih gelar juara pertama kelas bergengsi A3 dan F. Kami juga semakin optimis dengan daya saing All New Agya GR Sport yang menunjukkan level of competitiveness semakin tinggi, bahkan langsung berhasil ‘mencuri’ podium kemenangan di lomba keduanya. Semoga proses regenerasi mobil balap kami dapat berlangsung lebih cepat dengan semakin meningkatnya daya saing All New Agya GR Sport,” ujar Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.
TGRI kali ini sudah memasuki fase pengembangan All New Agya GR Sport, dari awal tahun dan sudah mulai tampil perdana pada kelas A3 di Kejurnas Slalom Seri ke-3 di bulan Juni lalu. Walaupun belum berhasil memasuki ke babak final, pengembangan yang sudah dilakukan pada Sporty Hatcback ini sudah berada di jalur yang tepat untuk bisa meraih gelar juara pada ajang kompetisi slalom Nasional.
Herdiko Setyaputra dan Alvito Anugrah Hardianto diberi kepercayaan untuk mengemudi All New Agya GR Sport dan mengujinya hingga melampaui batas kemampuan mobilnya, untuk selanjutnya memberikan masukan dan saran kepada engineer TGRI dalam menemukan pengaturan yang optimal saat bermanuver di arena slalom. Sebagai pembalap yang tidak diunggulkan, Alvito merupakan bagian dari program racer development tim TGRI untuk melahirkan pembalap-pembalap baru dalam negeri yang berbakat dan kompetitif.
Track baru yang penuh dengan tantangan yang berbeda dari seri sebelumnya di Kota Bekasi, dari situ TGRI banyak menerima Input untuk performa yang akan dipakai untuk dapat memaksimalkan segala aspek dari small hatchback ini agar bisa menyesuaikan dengan kebutuhan pembalap dan karakter track pada Kota Cianjur. Dengan semangat continuous improvement, TGRI juga meningkatkan performa pada All New Agya GR Sport yaitu dengan melakukan remapping pada Electtronic Control Unit (ECU).
Bertanding padak kelas A3 dengan memiliki kapasistas mesin standard yaitu 1.200 cc, Herdiko dan Alvito tetap bisa memaksimalkan performa dari All New Agya GR Sport, hasil dari uji coba yang dilakukan membuat keduanya berhasil dan masuk ke babak final. Berlaga dengan melawan 28 rival lainnya yang memiliki mobil balap dengan daya saing tinggi, hal itu tidak membuat Herdiko dan Alvito patah semangat, malah meningkatkan daya juang mereka. Herdiko berhasil mendapatkan podium ketiga dengan hasil catatan waktu 00:45.767 dan Alvito pembalap yang tidak diunggulkan berhasil menempatin di posisi ke-5 dengan catatan waktu 00:46.994, sangat jauh lebih baik dibandingkan dengan seri ke-3 lalu yang bahkan tidak berhasil memasuki babak final.
Agya GR Sport Generasi Pertama (Gen-1), yang sejak berdirinya TGRI pada tahun 2021 telah menjadi andalan, selalu menunjukkan performa optimalnya di berbagai lintasan sirkuit slalom. Anjasara Wahyu berhasil menebus kekalahan yang dialami pada seri sebelumnya dengan mencatatkan waktu total terbaik 00:45.398 pada babak final Kelas A3. Di sisi lain, Adrianza Yunial berhasil meningkatkan kinerja Small Hatchback dan mencatatkan waktu total terbaik 00:45.767, meraih posisi kedua di podium Kelas A3. Sebagai pencapaian menggembirakan tambahan, pembalap Alief Rendy Renaldy berhasil berkompetisi dengan keyakinan yang kuat dan berhasil meraih posisi ke-4 dalam Kelas A3. Dengan mengandalkan kendaraan Agya GR Sport Generasi Pertama (Gen-1), pembalap yang berasal dari tim privateer Kartika Sari Motorsport ini berhasil mencatatkan waktu tempuh total perjalanan 00:46.247.
Dalam kategori Kelas F (Modifikasi), Adrianza, Anjasara, dan Herdiko bekerja sama menghadapi persaingan yang semakin ketat dari pembalap-pembalap pesaing yang semakin kompetitif untuk merebut posisi terdepan. Usai saling bersaing dalam mencatat waktu tercepat, Adrianza berhasil memperoleh penghargaan podium pertama dengan pencapaian waktu total 00:45.956. Prestasi Alief dari tim Kartika Motorsport juga mencuri perhatian, karena mampu menempati posisi ke-4 di Kelas F dengan pencapaian waktu total 00:46.159. Namun sayangnya, Herdiko harus menerima posisi ke-12, sementara Anjasara yang sebenarnya memiliki potensi untuk meraih posisi ke-2 harus menanggung hukuman karena mobilnya mengenai cone slalom, yang mengakibatkan penurunan posisinya ke peringkat ke-19.
Sejak tahun 2021, chemistry antara Adrianza yang mengendarai Agya GR Sport dalam Kelas F dan Anjasara yang menggunakan Agya GR Sport dalam Kelas A3 semakin menguat. Kedua pembalap ini dengan cepat memperlihatkan keselarasan mereka saat berada di balik kemudi, dengan tujuan mempertahankan posisi podium pertama dalam Kejuaraan Nasional Kategori Tandem, yang tercatat dengan waktu total perjalanan sebesar 01:36.495. Prestasi ini semakin mengukuhkan posisi mereka dalam Klasemen Kejuaraan Nasional untuk Kategori Tandem.
“Kami bersyukur karena engineer TGRI berhasil meningkatkan performance All New Agya GR Sport dengan melakukan remapping ECU yang berbuah podium ke-3 dan ke-5 Kelas A3 di lomba slalom seri ini. Kerjasama tim memperkuat daya saing sporty hatchback ini, sehingga berhasil menajamkan catatan waktu keduanya bermodalkan performance dan handing yang semakin memuaskan. Proses adaptasi juga berlangsung dengan baik berkat dukungan teknisi TGRI yang sangat paham kebutuhan dan karakter balap kami, untuk selanjutnya melakukan kolaborasi dengan All New Agya GR Sport yang semakin powerful,” jelas pembalap TGRI, Herdiko Setyaputra.
Partisipasi Dealer Toyota di Scene Motorsport Indonesia Musim 2023
Salah satu dari tujuan utama yang mendasari hadirnya entitas TOYOTA GAZOO Racing (TGR) adalah untuk mengampanyekan excitement serta joy of GAZOO Racing (GR) kepada para penggemar dan penganut semangat olahraga balap motor serta para pendukung setia GR di seluruh wilayah Indonesia. Upaya ini tidak hanya melibatkan pendirian GR Zone di sejumlah dealer resmi yang terpilih, tetapi juga melibatkan kesiapan dan dukungan yang ditawarkan oleh Toyota kepada para dealer resmi yang berminat untuk berpartisipasi dalam event-event perlombaan mobil di tingkat nasional
Salah satu perwakilan resmi dari dealer Toyota yang telah mengambil langkah untuk merambah ke arena balap adalah Toyota Kartika Sari Malang, yang membentuk tim balap dengan nama Kartika Sari Motorsport. Memulai debutnya pada tahun ini, tim ini yang berpusat di Kota Malang, wilayah Jawa Timur, dengan tegas memasuki ranah persaingan dengan berpartisipasi di dua ajang kejuaraan nasional secara bersamaan, yaitu lomba slalom dan sprint rally.
Mengusung semangat Motorsport Toyota yang telah tertanam dalam identitasnya, tim balap ini telah mengambil inisiatif untuk mengundang teknisi berpengalaman dari bengkel sebagai engineer yang beroperasi di area paddock, selain memberikan kesempatan berharga bagi para pelanggan untuk terlibat dalam dunia balap sebagai pembalap. Hasil yang diperoleh sungguh mengesankan, karena dengan mengandalkan kendaraan Agya GR Sport Generasi Pertama (Gen-1), pembalap dari tim Kartika Sari Motorsport secara konsisten berhasil mendapatkan posisi dalam sepuluh besar kejuaraan nasional lomba slalom dan sprint rally, meskipun keterlibatan mereka baru berlangsung selama kurang dari satu tahun. Prestasi ini termasuk meraih posisi ke-4 dalam Kategori A3 dan F pada acara slalom yang baru-baru ini diadakan.
“Toyota sangat mengapresiasi partisipasi dealer resmi Toyota di balap nasional yang mengingatkan kepada masa awal TGR yang juga mengajak karyawan untuk ikut serta. Pembalap yang merupakan pelanggan juga di-support oleh TGR di balap touring global dan domestik Jepang, memperlihatkan komitmen Toyota dalam menghadirkan excitement dan joy of GR ke pelanggan, baik yang ingin terjun langsung balapan di sirkuit atau menyaksikan dari sisi lintasan. Dengan semangat pushing the limits for better, semoga akan lebih banyak dealer resmi Toyota lainnya yang ikut bersaing di ajang balap nasional dan bahkan hingga ke regional,” kata Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Fumitaka Kawashima.
Leave a Reply